CARA PASANG AC MULTI

 

AC split tipe Multi adalah ac split dengan indoor lebih dari 2 unit dengan Outdoor 1 unit.
cara kerja ac tipe multi sama dengan ac tipe single unit, bedanya ac multi dibagian outdoornya terdapat komponen elektronik dan terdapat kran selenoid valve.
bila 1 Outdoor dengan 5 indoor unit, maka dibagian Outdoor unit terdapat 5 buah kran selenoid valve.

Komponen elektronik berfungsi untuk mengatur jalannya selenoid valve bila satu indoor unit dioperasikan sementara ac yang satunya tidak dioperasikan.
Selenoid valve adalah ibarat sebuah kran air yang dapat dibuka tutup, tapi membuka tutupnya dengan sebuah klep yang mendapat tekanan gaya magnet dari kumparan lilitan yang berada pada selenoid valve tersebut.
jadi bila bila kumparan tersebut mendapat transfer arus listrik dari satu buah indoor unit, maka klep pada kran selenoid valve akan membuka untuk mengalirkan refrigerant kebagian indoor unit.

Kelistrikan pada ac jenis ini, unit indoor dan outdoor tetap mendapatkan supply arus listrik walaupun ac tidak dalam keadaan beroperasi.
Berbeda pada ac tipe single unit yang relay kontaktornya berada pada komponen indoor unit, bila indoor unit tidak dioperasikan maka arus listrik tidak berada dibagian outdoor unit. ( jika dalam pemasangan power supply, kabel berwarna Coklat disambungkan dengan L dan kabel berwarna Biru dengan N )
jadi berhati-hatilah bila melakukan pencucian pada outdoor tipe multi ini. karena walaupun indoor unit dalam keadaan tidak dioperasikan, arus listrik masih mengalir kedalam bagian outdoor unitnya.

Kelemahan pada ac jenis ini adalah bila satu indoor unit mengalami kebocoran pada bagian evaporatornya, maka indoor unit lainnya tidak bisa dioperasikan.

This entry was posted in service ac and tagged , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to CARA PASANG AC MULTI

  1. Ahmad Jajuli says:

    Trimakasih ilmunya.

    View Comment
  2. Merpati says:

    Bisa dak untuk mendapat kran selenoit

    View Comment
  3. Yonie says:

    Apakah bisa melakukan modifikasi dari ac single split ke ac multi split? kalo bisa bisa biayanya brp? Terimakasih.

    View Comment
  4. Edi Jakaria Bin Usman says:

    Mau tanya dong om.. Klo AC multi yg sdh dimodifikasi menggunakan kontaktor dan relay, tp utk sementara selenoidnya tidak difungsikan.. (Kabel selenoidnya sdh dilepas smua) pertanyaannya :1. Apakah sistem sirkulasi berjalan normal 2. Apakah selenoid bisa dibuka secara manual (bagaimana caranya?) 3.bagaimana cara penyambungan kabelnya jika kita ingin selenoid difungsikan secafa manual?

    View Comment
  5. Edi Jakaria Bin Usman says:

    Mau tanya dong om .. Klo AC multi-yg sdh dimodifikasi menggunakan Kontaktor Dan relay, tp utk SEMENTARA selenoidnya TIDAK difungsikan atau dingin tdk merata atau sama .. (Kabel selenoidnya sdh dilepas smua) pertanyaannya: 1. Apakah Sistem sirkulasi Berjalan biasa 2. Apakah selenoid dpt Dibuka Beroperasi user (bagaimana Caranya?) 3.bagaimana Cara penyambungan kabelnya JIKA kita ingin selenoid difungsikan secara manual?

    View Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *